Prof. Dr. Paidi, M.Si.

Status : Tenaga Pendidik

Prof. Dr. Paidi, M.Si. on Google Scholar

Identitas
NIP : 196704041993031003
NIDN : 0004046705
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Keahlian :
Riwayat Pendidikan :
No Jenjang Pendidikan Perguruan Tinggi Bidang Studi Tahun Lulus
1. Sarjana (S1) IKIP Yogyakarta (UNY) Pend. Biologi 1991
2. Magister (S2) Universitas Gadjah Mada Biologi 1999
3. Doktoral (S3) Universitas Negeri Malang Pend. Biologi 2008

 


Unit Kerja
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan :
Pendidikan Biologi
Golongan / Pangkat :
IV/e / Pembina Utama
Jabatan :
Guru Besar
Contact
email : paidi@uny.ac.id
Blog :
Facebook :
Bidang Pendidikan

Mengajar:

No

Mata Kuliah

Semester

1

Kapita Selekta Pendidikan Biologi

S1

Gasal

2

Penilaian Pembelajaran Biologi

S1

Gasal

3

Statistika

S2

Gasal

4

Penerapan Budaya dan Potensi Lokal untuk PSP Biologi

S2

Gasal

5

Aplikasi STEM pada Pendidikan Biologi

S2

Gasal

6

Seminar Proposal Tesis

S2

Gasal

7

Strategi Pembelajaran Biologi

S1

Genap

8

Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi

S1

Genap

9

Seminar Pendidikan Biologi

S1

Genap

10

Praktik Pembelajaran Mikro

S1

Genap

11

Pengembangan Kurikulum & Pembelajaran Biologi

S2

Genap

12

Konstruksi Instrumen Penelitian Pendidikan Biologi

S2

Genap

13

Kajian dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Biologi

S3

Genap

14

Kajian Learning Continuum Biologi

S3

Genap

 

File Bidang Pendidikan :
General+Biology+Paidi+2011
Manual+for+Lab+Work+of+General+Biology-Cover
Manual+of+Biometry+Practical-2012-Paidi-Cover
Teaching+Material+of+MPB-1-2012
Bidang Penelitian

No

Tahun

Judul Penelitian

Pendanaan

Sumber

Jml (Rp)

1

2009/ 2010

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah serta Efektivitasnya terhadap Kemampuan Metakognitif dan Pemecahan Masalah Biologi Siswa SMA di Sleman-Yogyakarta

Hibah Bersaing DP2M

40 juta

dan

45 Juta

2

2010

Analisis Kinerja dan Program Kerja Guru Bersertifikat Profesional

Stranas-UNY

90 juta

3

2010

Peningkatan Kolegialitas dan Kerjasama Dosen melalui Implementasi Lesson Study dalam Perkuliahan Biologi Umum

DIPA MIPA UNY

10 juta

4

2012/ 2013

Pengembangan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Untuk Pemberdayagunaan  Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill) Siswa SMA Magelang”

Hibah Pascasarjana

90 juta

5

2012/ 2013

Pengembangan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Untuk Pemberdayagunaan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill) Siswa SMA Magelang”

Hibah Pascasarjana

90 juta

dan 100 juta

6

2014

Pengembangan Pembelajaran dengan Pendekatan STML untuk meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan siswa SMA di Kota Yogyakarta

Penelitian Unggulan PT

75 juta

7

2015/ 2016

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik di SMA di DIY

Hibah Pascasarjana

100 juta

8

2016/ 2017

Pengembangan Instrumen Analisis Penguasaan Dimensi Proses dan Produk Kognitif Siswa SMA di Indonesia

Hibah Pascasarjana

100 dan 150 juta

9

2018

Analisis Kemampuan Akademik Bidang Studi dan Pedagogik Mahasiswa PSP Biologi

RG DIPA UNY

15 juta

10

2018/ 2019

Analisis Implementasi Technological Paedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Bersertifikat Profesional di Daerah Istimewa Yogyakarta

Hibah Penelitian Tesis Magister

56 juta

11

2018/ 2019

Analisis Implementasi Technological Paedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Bersertifikat Profesional di Daerah Jawa Tengah

Hibah Penelitian Tesis Magister

54 juta

12

2020

Efektivitas Free-Inquiry-Based Learning Dipadu Deep Source Usage Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Kemandirian Belajar Mahasiswa PSP Biologi

DIPA FMIPA, Research Group

15 juta

13

2020

Development of Free Inquiry-Based Blended Learning Model To Enhance The Quality of Learning of Biology Education Magister Study Program In Indonesia and Malaysia

DIPA UNY (Penelitian Kerjasama Internasional Program Studi)

50 juta

 

Publikasi 10 Tahun Terakhir:

  1. Lubis, S. P. W., Suryadarma, I. G. P., Paidi., & Yanto, B. E. (2022). The effectiveness of problem-based learning with local wisdom oriented to socio-scientific issues. International Journal of Instruction, 15(2), 455-472. DOI: 10.29333/iji.2022.15225a

  2. Susilawati, Aznam, N., Paidi. (2022). Attitudes Towards Science: A Study of Gender Differences and Grade Level. European Journal of Educational Research, 11(2), 599-608. EU-JER_11_2_599.pdf. DOI: 10.12973/eu-jer.11.2.599

  3. Susilawati, Aznam, N., Paidi. (2021). Socio-Scientific Issues as a Vehicle to Promote Soft Skills and Environmental Awareness. European Journal of Educational Research, 10(1), 161-174           DOI: 10.12973/eu-jer.10.1.161

  4. Hayati, R. S., Subali, B., & Paidi. (2021). Biodiversity Learning Continuum for Elementary School Students Based on Teacher Cognitive Ability. International Journal of Instruction, 14(4), 241- 258.    DOI: 10.29333/iji.2021.14415a   

  5. Suciyati, A.; Suryadarma, I.G.P.; Paidi, Abrori, F.M. (2021). Ethnobotanical study based on the five dimensions of basic life needs in Tidung Tribe of North Kalimantan, Indonesia. BIODIVERSITAS, 22(6), https://smujo.id/biodiv/article/view/7244. DOI: 10.13057/biodiv/d220623

  6. Paidi, Subali, B., & Handoyo, L. (2021). The mastery of technological, pedagogical, and content knowledge among Indonesian biology teachers. European Journal of Educational Research, 10(3), 1063-1073. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.3.1063. DOI: 10.12973/eu-jer.10.3.1063 

  7. Setyawan, A.; Aznam, N.; Paidi; & Citrawati, T. (2020). Effects of the Google meet assisted method of learning on building student knowledge and learning outcomes. Universal Journal of Educational Research, 8(9), pp. 3924–3936 DOI: 10.13189/ujer.2020.080917

  8. Setyawan, A., Aznam, N., Paidi, P., & Citrawati, T. (2020). Influence of the use of technology through problem based learning and Inkuiri models are leading to scientific communication students class VII. Journal of Technology and Science Education, 10(2), 190-198https://doi.org/10.3926/jotse.962

  9. Paidi, P., Mercuriani, I. S., & Subali, B. (2020). Students’ Competence in Cognitive Process and Knowledge in Biology Based on Curriculum Used in Indonesia. International Journal of Instruction, 13(3), 491-510.    DOI: 10.29333/iji.2020.13334a  

  10. Irdalisa, Paidi, Djukri. (2020). Implementation of Technology-based Guided Inquiry to Improve TPACK among Prospective Biology Teachers. International Journal of Instruction, 13 (2). http://e-iji.net/dosyalar/iji_2020_2_3.pdf

  11. Paidi, Djukri, Siti, Dessy. (2017).  Development of Instrument to Assess Cognitive Process and Product in Biology Senior High School. International Journal of Environmental and Science Education (IJESE), 12(8). http://www.ijese.net/makale/1935

  12. Paidi. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah. Jurnal Kependidikan, 41(2), 185-201. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/1932   https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/1932/1585     DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v41i2.1932  

  13. Bambang Subali, Paidi, Siti Maryam. (2016). The divergent thinking of basic skills of sciences process skills of life aspects on natural sciences subject in Indonesian elementary school students. Asia-Pacific Forum on Science Learning & Teaching, 17(1), https://www.eduhk.hk/apfslt/v17_issue1/subali/index.htm   

  14. Tivani & Paidi. (2016).  Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (1), 2016, 35-45. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi

  15. Bambang Subali, Paidi Paidi, Siti Mariyam. (2017).  Mapping elementary school students' creativity in science process skills of life aspects viewed from their divergent thinking patterns. Research and Evaluation in Education, 3(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/reid/article/view/13294. https://doi.org/10.21831/reid.v3i1.13294

  16. Adria Utamiyosa & Paidi Paidi. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2). http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/NATURAL/article/view/3161

  17. Ruchyan Intani & Paidi Paidi. (2018). Pengembangan Buku Panduan Tutorial Sebaya dalam Program Remedial Materi Sistem Klasifikasi Hewan di  Kelas X. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2 (1), 19–24. https://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio/article/view/1028   

  18. Achmad Ali Fikri, Viki Ismah, Paidi Paidi. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Creative Thinking Siswa. Jurnal Thabiea, 01(01). http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea/article/view/3651. DOI : 10.21043/thabiea.v1i1.3651

  19. Paidi, Tika Mayang Sari, Iis Aida Yustiana. (2017)  An Analysis of Ability to Create (C6) of Biology at Eleventh Grade of Senior High School Students In Indonesia. Proceeding International Seminar on Science Education Vol. III, 2017 (ISSE). https://core.ac.uk/download/pdf/154763397.pdf

  20. Iis Aida, Paidi, Ixora S. M. (2018). Biology Factual Knowledge at Eleventh Grade of Senior High School Students in Pacitan based on Favorite Schools. Journal of Physics: Conf. Series 970- 012029.       https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/970/1/012029/pdf     DOI: 10.1088/1742-6596/970/1/012029

  21. Tika Mayang Sari, Paidi, & Ixora SM. (2018). Biology Procedural Knowledge at Eleventh Grade of Senior High School in West Lampung Based on Curriculum. Journal of Physics: Conference Series 970 012032. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/970/1/012032/pdf. doI: 10.1088/1742-6596/970/1/012032

  22. Anis Fajri K. & Paidi. (2018). The influences of the peer tutoring method to improve conceptual understanding. Journal of Physics: Conference Series 1097-012044. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1097/1/012044/pdf. DOI:10.1088/1742-6596/1097/1/012044

  23. Noviana Hapsari & Paidi. (2019). Development of An Observation Sheet Instrument to Measure Biology Teachers’ Ability of Pedagogical Content Knowledge (PCK) Application. Journal of Physics: Conference Series 1241- 012032. DOI:10.1088/1742-6596/1241/1/012032. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1241/1/012032/pdf

  24. Fitria Astuti & Paidi. (2019). Developing an Observation Instrument to Measure Technological Pedagogical Knowledge (TPK) of Biology Teacher in Learning Process. Journal of Physics Conference Series 1241:012053. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1241/1/012053/pdf. DOI:10.1088/1742-6596/1241/1/012053

  25. M. Khoirul Antony & Paidi. (2019). TPACK Observation Instrument: Development, Validation, and Reliability. Journal of Physics Conference Series 1241:012053. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1241/1/012029/pdf. DOI:10.1088/1742-6596/1241/1/012029

  26. Sendy Pradana & Paidi. (2019). Developing an Instrument to Evaluate the Technological content knowledge (TCK) Application of Biology’s Teacher. Journal of Physics Conference Series 1241:012053. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1241/1/012041/pdf. DOI:10.1088/1742-6596/1241/1/012041

  27. Kintanthi Sari & Paidi. (2019). Metacognitive Knowledge and Critical Thinking Biology 11th of Public Senior High School in Bogor. Journal of Physics Conference Series 1241-012053. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1241/1/012056/pdf. DOI:10.1088/1742-6596/1241/1/012056

  28. Haryana & Paidi. (2019). Students Profile’s Scientific Process Skills on Ecosystem Material Viewed from Favorite High School.  Journal of Physics Conference Series 1233:012008. DOI:10.1088/1742-6596/1233/1/012008. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1233/1/012008/pdf

  29. Diah Mustika Diana & Paidi. (2019). The Effect of Multiple Intelligence-based Learning Strategies, Mathematical Logic, and Naturalist toward Cognitive Learning Outcomes and Biological Retention of Students Grade X on Environmental Pollution Material. Journal of Physics Conference Series 1233:012006. DOI:10.1088/1742-6596/1233/1/012006. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1233/1/012006/pdf

  30. M.K.Antony*, Paidi, B.Subali, S.P.Pradana, N.Hapsari, F.E.C.Astuti. (2019). Teacher’sTPACK Profile: The Affect of Teacher Qualification and Teaching Experience. Journal of Physics: Conference Series1397 (2019) 012054. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1397/1/012054/pdf. DOI:10.1088/1742-6596/1397/1/012054

  31. N. Hapsari, Paidi, B. Subali, F. E. C. Astuti, S. P. Pradana, and M. K. Antony. (2019).  The TPACK Profile of Biology Teacher Based on Certification Status: A Case Study in Bantul Regency. Journal of Physics: Conference Series1397 (2019) 012055. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1397/1/012055. DOI:10.1088/1742-6596/1397/1/012055

  32. N C Nugraheni & Paidi. (2020). Scientific literacy profile of X grade students in Gunungkidul on Biology reviewed based on gender. Journal of Physics: Conference Series, Volume 1440. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1440/1/012070/pdf

  33. Paidi, Muhammad Khoirul Antony, Bambang Subali, Sendy Putra Pradana. (2020). Biology Teacher’s TPACK Profile in Central Java: Description of TPACK Mastery-Based on Teaching Experience. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education, and Humanities Research.   https://www.atlantis-press.com/proceedings/iceri-19/125934058. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200204.006

  34. Paidi, Noviana Hapsari, Bambang Subali, Fitria Eka Cahya Astuti. (2020).  Teaching Performance of High School Biology Teachers in Applying TPACK: A Descriptive Study. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education, and Humanities Research. https://download.atlantis-press.com/proceedings/iceri-19/125934059. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200204.018

  35. Paidi. (2012). Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajarannya dalam Upaya Peningkatan Kemampuan dan Karakter Siswa. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1011

 

Menulis Buku

1. Model Inkuiri Terbimbing (Irda, Paidi, Djukri). UNY Press-2019

2. Pengembangan Kreativitas Proses Sains (Bambang Subali, Paidi, Siti Maryam), UNY Press-2015

3. Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi (Paidi), UNY Press-2012

 

File Bidang Penelitian :
Model Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi
Makalah+Semnas+MIPA+2009-Pak+Paidi
Artikel+Semnas+FMIPA2010+UNY
Initiating Education Reform Through Lesson Study at a University in Indonesia
Pembelajaran+Kelas+Rangkap+-+Paidi+UNY+-+2008
Materi+Action+Plan+LS-Pend+Karakter-1
Keterampilan+Proses+Sains-Paidi+UNY+dkk
Guided+Inquiry+and+Scientific+Skill-+Paidi+UNY
artikel-metakognitif-makalah-semnas-bio-2013-paidi
Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajarannya
Students’ Competence in Cognitive Process and Knowledge in Biology Based on Curriculum Used in Indonesia
Implementation of Technology-based Guided Inquiry to Improve TPACK among Prospective Biology Teachers
The divergent thinking of basic skills of sciences process skills of life aspects on natural sciences subject in Indonesian elementary school students
Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan ICT dalam Pembelajaran Biologi
Pengembangan Kreativitas Keterampilan Proses Sain Aspek Kehidupan pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Besarta Cara Pengukuran Keberhasi
Biology Teacher’s TPACK Profile in Central Java
Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI
Teaching Performance of High School Biology Teachers in Applying TPACK: A Descriptive Study
Development of Instrument to Assess Cognitive Process
Development of Instrument to Assess Cognitive Process and Product in Biology Senior High School.pdf
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah
Teaching Performance of High School Biology Teachers in Applying TPACK
The divergent thinking of basic skills of sciences process skills of life aspects on natural sciences
Bidang Pengabdian

No

Tahun

Judul Pengabdian kepada Masyarakat

Pendanaan

Sumber

Jumlah (Rp)

1.

2012

Pemberdayaan Laskar Berlian sebagai Agen Pendidikan Kesehatan Preventif dalam Pencegahan Wabah Demam Berdarah

DIPA UNY

10 juta

2.

2014

Analisis Kualitas Implementasi Kurikulum 2013 pada Guru-guru di DIY

DIPA UNY

15 juta

3.

2015

Peningkatan Kemampuan Guru SD mengembangkan Kemampuan Berpikir Divergen

DIPA UNY

15 juta

4.

2015

Pengenalan dan Pengembangan Kreativitas dalam melakukan Proses Sains siswa SD di Sleman

DIPA UNY

5 juta

5.

2016

Peningkatan Kemampuan Guru Biologi di Gunungkidul dalam Pelaksanaan Scientific Approach dan Penggunaan Sumber Belajar dalam rangka Implementasi  Kurikulum 2013

DIPA FMIPA UNY

5 juta

6.

2017

Peningkatan Kemampuan Guru Biologi di Kota Magelang dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013

DIPA FMIPA UNY

5 juta

7.

2018

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi melalui Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Anggota MGMP Biologi SMA Kota Magelang

DIPA FMIPA UNY

5 juta

8.

2019

Pelatihan Implementasi Pembelajaran Berbasis SSI untuk Guru SMA/MA DIY

DIPA FMIPA UNY

7,5 juta

9.

2020

Pelatihan E-Learning System bagi Para Guru Biologi SMA Kabupaten Kulonprogo, DIY

DIPA FMIPA UNY

4,5 juta (Usulan)

 

 

No.

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat

Bentuk Kegiatan

Tempat / Instansi

Tanggal Pelaksanaan

Jumlah Angka Kredit

Bukti Pendukung

1

Fasilitator Kegiatan  Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Berorientasi KKNI bagi Dosen Kopertis X Kalimantan Selatan

Work-shop

Uniska Banjarmasin

2015

1

Sertifikat

2

Fasilitator Pengembangan Kurikulum Berorientasi KKNI bagi Dosen Kopertis Kalimantan Timur

Work-shop

Kopertis Kalimantan Timur

8-9 Mei 2015

1

 

3

Fasilitator Workshop Penyempurnaan Kurikulum Berorientasi KKNI bagi para Dosen dan Pengelola FKIP UM Palembang. 

Work-shop

Universitas Muhammadiyah Palembang

30 September s.d 1 Oktober 20162

1

 

4

Fasilitator Penyusunan dokumen Kurikulum Berorientasi  KKNI sesuai dengan SNDikti bagi para dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Work-shop

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

22 November 2016

1

 

5

Fasilitator Penyusunan Kurikulum Prodi Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan

Work-shop

Universitas Borneo Tarakan

30-31 Agustus 2016

1

 

6

Fasilitator Revisi Kurikulum LPTK berdasarkan Permenristekdikti No 44 bagi para dosen FMIPA Universitas Negeri Gorontalo

Work-shop

Universitas Negeri Gorontalo

29-30 November 2016

1

 

7

Fasilitator Urgensi Program SM-3T bagi Pembangunan Pendidikan di Daerah 3T guna Menyongsong Indonesia Emas, makalah Workshop diselenggarakan oleh Prodi PPKn

Work-shop

FKIP Universitas PGRI Yogyakarta

1 Juni 2016

1

 

8

Fasilitator Penyusunan dokumen Kurikulum Berorientasi  KKNI sesuai dengan SNDikti  bagi para Kaprodi di UPN Veteran Yogyakarta

Work-shop

UPN Veteran Yogyakarta

19 Oktober 2017

1

 

9

Fasilitator Pelatihan tentang Prosedur & Tahapan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Sesuai KKNI dan SN-Dikti bagi para Kaprodi

Work-shop

Universitas Musamus Merauke

18-20 November 2017

 

1

 

10

Fasilitator Workshop Revisi dan Penyempurnaan Kurikulum Pendidikan Tinggi bagi para Dosen Prodi Pendidikan Biologi

Work-shop

Universitas Tirtayasa Banten

30-31 Juli 2018

1

 

11

Fasilitator Workshop Penyusunan Kurikulum Nasional Pendidikan Tata Busana, Asosiasi Prodi Pendidikan Teknik Boga Busana,

Work-shop

 

27 Maret 2019

1

 

12

Fasilitator Workshop Revisi dan Penyempurnaan Kurikulum Pendidikan Tinggi bagi para Dosen Prodi Pendidikan Biologi

Work-shop

UIN R. Fatah Palembang

7-9 April 2019

1

 

13

Fasilitator Workshop Program Bantuan Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) bagi para Dosen dan Guru

Work-shop

Universitas Tadulako

6-7 Juli 2019

1

 

14

Fasilitator Workshop Revisi Kurikulum Prodi Pend di FKIP

Universitas Veteran, Sukoharjo

Work-shop

Universitas Veteran, Sukoharjo

30 Juli 2019

1

 

15

Fasilitator Workshop Perangkat Pembelajaran bagi Guru dan Dosen Program PDS,

Work-shop

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)

19 Juli 2019

1

 

16

Fasilitator Workshop Peninjauan Kurikulum Program Studi Sarjana Terapan TLM dan Kurikulum Prodi Diploma III TLM Jurusan Analis Kesehatan

Work-shop

Poltekkes Kemenkes, Yogyakarta

16 November 2019

1

 

 

 

No

Kegiatan Seminar/Workshop/Konvensi Lokal dan Nasional

Tahun

Peran/Posisi

1

Pelatian Tindakan Kelas bagi guru-guru anggota MGMP Matematika SMP Kabupaten Magelang

SMPN 1 Mungkid Magelang

2011

Instruktur

2

Workshop Pengembangan Keprofesionalan secara Berkelanjutan bagi Guru-guru Biologi MA DIY

2012

Pembicara

3

Seminar Nasional Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajarannya dalam Upaya Peningkatan Kemampuan dan Karakter Siswa

2012

Pembicara

Kunci

4

Pengembangan Kurikulum Berbasis Learning Outcome bagi STIKKES Yogyakarta

2014

Pembicara

5

Seminar Nasional Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Berorientasi KKNI bagi Dosen Kopertis X Kalimantan di Uniska Banjarmasin

2015

Pembicara

6

Pengembangan Kurikulum Berorientasi KKNI bagi Dosen Kopertis Kalimantan Timur

2015

Pembicara

7

Workshop Penyempurnaan Kurikulum Berorientasi KKNI bagi para Dosen dan Pengelola Universitas Muhammadiyah Palembang,  30 September s.d 1 Oktober 2016

2016

Pembicara

8

Penyusunan dokumen Kurikulum Berorientasi  KKNI sesuai dengan SNDikti bagi para dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto

2016

Pembicara

9

Penyusunan Kurikulum Prodi Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan, Agustus 2016

2016

Pembicara

10

Revisi Kurikulum LPTK berdasarkan Permenristekdikti No 44 bagi para dosen FMIPA Universitas Negeri Gorontalo

2016

Pembicara

11

Urgensi Program SM-3T bagi Pembangunan Pendidikan di Daerah 3T guna Menyongsong Indonesia Emas, makalah Workshop diselenggarakan oleh Prodi PPKn

FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta, 1 Juni 2016

2016

Pembicara

12

Penyusunan dokumen Kurikulum Berorientasi  KKNI sesuai dengan SNDikti  bagi para Kaprodi di UPN Veteran Yogyakarta

2017

Pembicara

13

Pelatihan tentang Prosedur & Tahapan

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi

Sesuai KKNI dan SN-Dikti bagi para Kaprodi Universitas Musamus Merauke

2017

 

Pembicara

14

Workshop Revisi dan Penyempurnaan Kurikulum Pendidikan Tinggi bagi para Dosen Prodi Pendidikan Biologi Universitas Tirtayasa Banten

2018

Pembicara

15

Workshop Revisi dan Penyempurnaan Kurikulum Pendidikan Tinggi bagi para Dosen Prodi Pendidikan Biologi UIN R. Fatah Palembang

2018

Pembicara

16

Workshop Penyusunan Kurikulum Nasional Pendidikan Tata Busana, Asosiasi Prodi Pendidikan Teknik Boga Busana, Maret 2019

2019

Pembicara

17

Workshop Program Bantuan Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) bagi para Dosen dan Guru,

Universitas Tadulako, 6 Juli 2019

2019

Pembicara

18

Workshop Revisi Kurikulum Prodi Pend di FKIP

Universitas Veteran, Sukoharjo, Juli 2019

2019

Pembicara

19

Workshop Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) bagi para Dosen di Lingkungan LLDIKTI Bandung, 23 Oktober 2019

2019

Pembicara (Instruktur)

20

Workshop Perangkat Pembelajaran bagi Guru dan Dosen Program PDS Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), 19 Juli 2019

2019

Pembicara

21

Workshop Peninjauan Kurikulum Program Studi Sarjana Terapan TLM dan Kurikulum Prodi Diploma III TLM Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes, 16 November 2019 Yogyakarta

2019

Pembicara

 

No

Nama, Lokasi, dan Waktu Kegiatan

Tahun

Peran/Posisi

1

Diklat Peningkatan Mutu Pembelajaran dan PTK Guru-guru SD Gugus Bantul Timur

Terrace Cafe Bantul

2007

Narasumber

 

2

Diklat Mapel UAN Guru-guru IPA/Sains SMP/MTs se-Kebumen Cilacap

Badan Diklat dan Perpusda Cilacap

2008

Narasumber

 

4

Workshop PTK untuk guru-guru SMKN 1 Pandak

SMKN 1 Pandak Bantul

2008

Narasumber

 

5

Seminar dan Workshop Penelitian Tindakan Kelas SMAN 1 Ngaglik Sleman

2008

Pembicara

 

6

Seminar dan Workshop Guru-guru SMP dan SMA se-Kebumen

SMAN 1 Petanahan Kebumen

2008

Pembicara

 

7

Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Tingkat Nasional Tingkat Lanjut  bagi Guru

Di SMPN 1 Demak

2009

Narasumber

 

8

Seminar bagi Guru:  Continuous Learning dan Pengembangan Diri Siswa

Di Auditorium YKPN Yogyakarta

2009

Pembicara

 

9

Workshop Pengembangan  Strategi Pembelajaran Mipa untuk Smp-Bi bagi Guru-Guru MIPA

Di SMPN 1 Sleman

2009

Narasumber

 

10

Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Tingkat Nasional Tingkat Lanjut  bagi Guru.

Di SMPN 1 Demak

2009

Narasumber

 

11

AMT dan Workshop PTK serta Lesson Study Guru MAN Gandekan

Di MAN Gandekan

2010

Pembicara

 

12

Workshop penyusunan Action Plan Lesson Study untuk Peningkatan Kualitas PBM dan Character Building

dalam Perkuliahan di UNY.

Di Rektorat UNY

2011

Narasumber

 

13

Pelatian Tindakan Kelas bagi guru-guru anggota MGMP Matematika SMP Kabupaten Magelang

Di SMPN 1 Mungkid Magelang

2011

Narasumber

 

14

Workshop Pengembangan Keprofesionalan secara Berkelanjutan bagi Guru-guru Biologi MA DIY

Di Kaliurang Yogyakarta

2012

Narasumber

 

15

Seminar Nasional Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajarannya dalam Upaya Peningkatan Kemampuan dan Karakter Siswa

Di UNS Surakarta

2012

Pembicara (Keynote Speaker)

 

16

Workshop Pengembangan Keprofesionalan secara Berkelanjutan bagi Guru-guru Biologi MA DIY

Di Kaliurang Yogyakarta

2012

Narasumber

 

17

Seminar Nasional Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Berorientasi KKNI

Di Uniska Banjarmasin

2014

Pembicara

 

18

Workshop Regional Pengembangan Kurikulum Program Studi Berorientasi KKNI

Di Kopertis 11 Kalimantan Timur

2015

Narasumber

 

19

Worskhop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Fakultas Bahasa dan Seni UNY FBS UNY

2015

Narasumber

 

20.

Worskhop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Fakultas Ekonomi UNY

FE UNY

2015

Narasumber

 

21

Workshop Penyempurnaan Kurikulum Berorientasi KKNI bagi para Dosen dan Pengelola Universitas Muhammadiyah Palembang,  30 September s.d 1 Oktober 2016

2016

Narasumber

22

Penyusunan dokumen Kurikulum Berorientasi  KKNI sesuai dengan SNDikti bagi para dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto

2016

Narasumber

23

Penyusunan Kurikulum Prodi Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan, Agustus 2016

2016

Narasumber

24

Revisi Kurikulum LPTK berdasarkan Permenristekdikti No 44 bagi para dosen FMIPA Universitas Negeri Gorontalo

2016

Narasumber

25

Urgensi Program SM-3T bagi Pembangunan Pendidikan di Daerah 3T guna Menyongsong Indonesia Emas, makalah Workshop diselenggarakan oleh Prodi PPKn

FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta, 1 Juni 2016

2016

Narasumber

26

Penyusunan dokumen Kurikulum Berorientasi  KKNI sesuai dengan SNDikti  bagi para Kaprodi di UPN Veteran Yogyakarta

2017

Narasumber

27

Pelatihan tentang Prosedur & Tahapan

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi

Sesuai KKNI dan SN-Dikti bagi para Kaprodi Universitas Musamus Merauke

2017

 

Narasumber

28

Workshop Revisi dan Penyempurnaan Kurikulum Pendidikan Tinggi bagi para Dosen Prodi Pendidikan Biologi Universitas Tirtayasa Banten

2018

Narasumber

29

Workshop Revisi dan Penyempurnaan Kurikulum Pendidikan Tinggi bagi para Dosen Prodi Pendidikan Biologi UIN R. Fatah Palembang

2018

Narasumber

30

Workshop Penyusunan Kurikulum Nasional Pendidikan Tata Busana, Asosiasi Prodi Pendidikan Teknik Boga Busana, Maret 2019

2019

Narasumber

31

Workshop Program Bantuan Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) bagi para Dosen dan Guru,

Universitas Tadulako, 6 Juli 2019

2019

Narasumber

32

Workshop Revisi Kurikulum Prodi Pend di FKIP

Universitas Veteran, Sukoharjo, Juli 2019

2019

Narasumber

33

Workshop Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) bagi para Dosen di Lingkungan LLDIKTI Bandung, 23 Oktober 2019

2019

Narasumber

34

Workshop Perangkat Pembelajaran bagi Guru dan Dosen Program PDS Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), 19 Juli 2019

2019

Narasumber

35

Workshop Peninjauan Kurikulum Program Studi Sarjana Terapan TLM dan Kurikulum Prodi Diploma III TLM Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes, 16 November 2019 Yogyakarta

2019

Narasumber

36

Webinar Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka: Prinsip, Prosedur, dan Implementasinya (IAIN Salatiga, 28 Juli 2020)

2020

Pembicara

37

Workshop Pelaksanaan PLP dalam Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Universitas Negeri Jember, 21 Desember 2020)

2020

Narasumber

38

Workshop Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka: Prinsip, Prosedur, dan Implementasinya (Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, 28 September 2020)

2020

Narasumber

39

Workshop Review Kurikulum Prodi Pendidikan Biologi dan Prodi Biologi, FPMIPA, UPI (UPI Bandung, 9 Desember 2020)

2020

Narasumber

40

Review Kurikulum Asosiasi Prodi Pendidikan Biologi sesuai MB-KM (KPBI, 17 Desember 2020)

2020

Narasumber

41

Workshop Penyusunan CPL S1 Pendidikan Biologi, KPBI, 20 Maret 2021

2021

Narasumber

 

42

Workshop Kurikulum Prodi sesuai Kebijakan MB-KM: Prinsip dan Implementasi, Prodi Pendidikan Biologi FKIP, Unpak, 6 April 2021

2021

Narasumber

 

43

Bimtek Penyelenggaraan PPG, FKIP Universitas Musamus, Merauke, 10 April 2021

2021

Narasumber

 

44

Review Capaian Pemeblajaran serta Mata Kuliah Kependidikan FKIP UST Sarjana Wiyata Taman Siswa, selaras MBKM, 16 Juni 2021

2021

Narasumber

 

45

Workshop Pengembangan Kurikulum MBKM Prodi-Prodi Se-FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar, 23 Juni 2021

2021

Narasumber

 

46

Workshop Penyelarasan Kurikulum Berbasis KKNI Prodi untuk Implementasi MBKM yang diselenggarakan oleh FKIP, Universitas Muhammadiyah Palembang, 1 Juli 2021

 

2021

Narasumber

 

47

Workshop Sanctioning Kurikulum Prodi Selaras MBKM

yang diselenggarakan oleh FKIP, Universitas Pakuan, 17 Juli 2021

 

2021

Narasumber

 

48

Penyusunan RPS mengakomodasi SE Mendikbud No 03/2021, yang diselenggarakan oleh FKIP Unpak, 24 Juli 2021

2021

Narasumber

 

49

Sosialisasi Peran Dosen Penasehat Akademik dalam MBKM, yang diselenggarakan LPPM Universitas Muhammadiyah Palembang, 4 Agustus 2021

2021

Narasumber

 

50

Workshop Peninjauan Visi dan Pengembangan Kurikulum selaras Kebijakan MBKM, Prodi Pend Biologi, FKIP, Universitas Islam Riau, 9 Agustus 2021

2021

Narasumber

 

51

The 8th International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Science (ICRIEMS), Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta,

on August 27th- 28 th, 2021

2021

Keynote Speaker

 

52

Workshop-Virtual Penyusunan RPS Berbasis OBE,

yang dilaksanakan Prodi Biologi UIN, 10 September 2021

2021

Narasumber

 

53

Workshop Penyusunan Kurikulum selaras Kebijakan MBKM yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta, 5 Oktober 2021

 

2021

Narasumber

 

54

Seminar Nasional: Redesain Pembelajaran IPA Yang Efektif pada Pasca-Pandemi Covid-19, FKIP Universitas Sriwijaya, 16 Oktober 2021

2021

Pembicara Kunci (Keynote Speaker)

 

55

Diskusi Implementasi Kepmendikbud-Ristekdikti No 03/M/2021, Prodi Pendidikan Biologi, FMIPA, UM, 22 Oktober 2021

2021

Narasumber

 

56

Kuliah Dosen Tamu Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua Tahun 2021, 23 Oktober 2021

2021

Narasumber

 

57

FGD Tata Kelola Program PPG Prajabatan, FKIP,

Universitas Sanata Dharma, 27 Oktober 2021

 

2021

Narasumber

 

58

Seminar Nasional Peran Biologi dan Pembelajarannya Berbasis Keanekaragaman Hayati dalam Implementasi Merdeka Belajar, Prodi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Mulawarman, 13  November 2021

2021

Pembicara Kunci (Keynote Speaker)

 

59

Bimtek Penulisan Buku Ajar bagi Dosen Unmus, 18 November 2021

2021

Narasumber

 

60

Bimtek Pelaksanaan Program RPL Kerja sama Univeresitas Musamus dengan Universitas Negeri Yogyakarta, 22-24 Desember 2021

2021

Narasumber

 

61

Diskusi PBL, PjBL, HOTS Implementasi serta Dampaknya,

yang diselenggarakan oleh FKIP UST, 11 Februari 2022

2022

Narasumber

 

62

Diskusi Implementasi TPACK dan HOTS dalam Pembelajaran Prodi PPG,  yang diselenggarakan oleh UNJ, 26 Maret 2022

2022

Narasumber

 

63

Workshop Pelatihan Peningkatan Mutu Guru, Materi Problem-Based Learning.

Madrasah Mu ‘alimin Muhammadiyah Yogyakarta, 12 April 2022

2022

Narasumber

 

64

Workshop Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Akademi Militer, Magelang, 27-29 Juni 2022

2022

Narasumber

 

65

Seminar Nasional Biologi, Saintek, dan Pembelajarannya (SNBIOSTER) Ke-4: Tema: Transforming Science, Technology, Education, and Strengthening Society by Interdiciplinary Subject for Bright Future.

FKIP, Universitas Siliwangi, 6 Agustus 2022

2022

Keynote Speaker

 

66

Bahan Lokakarya Penyusunan Bahan Ajar Tematik Berbasis Projek yang diselenggarakan oleh FKIP

Universitas Pakuan, 16 Agustus 2022

 

2022

Narasumber

 

67

Workshop Penyusunan RPP Kurikulum TIK SFD S1 PGPAUD Semester 1, Tahun Akademik 2022/2023

FIP, UNJ, 22 -23 Agustus 2022

2022

Narasumber

 

68

Workshop Review Kurikulum Pendidikan Biologi

Fakultas Tarbiyah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,

31 Agustus 2022

2022

Narasumber

 

69

Workshop Kurikulum Merdeka di Perguruan Tinggi,

yang diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Jati

di Hotel Grand Yuri Yogyakarta, 20 Oktober 2022

 

2022

Narasumber

 

70

Webinar Memperingati  Haru Guru, dengan Tema:  Pengaruh Program Pendidikan Profesi Guru
terhadap Kualitas Guru dI Indonesia

Pandara, 27 November 2022

2022

Pembicara

 

 

 

File Bidang Pengabdian :
Makalah-Pembelajaran+Tuntas-SKBM-Paidi+UNY
Makalah+Model+Pembelajaran-SBI-Paidi+UNY
Makalah+Lesson+Study-+MAN+Wonokromo2005-Paidi+UNY
Makalah+CAR+-PTK+Math+Paidi+UNY
Makalah+CAR+CPNS+2010-+Disain+PTK-di+Sekolah-Pak+Paidi
makalah-diskusi-berpikir-divergen-dan-kreativitas-2015-uptd-sleman
Lain-lain

Pengalaman Profesional Dalam 10 Tahun Terakhir

No

Jabatan

Tahun

1.

Reviewer Research Grant IMHERE

2009 – 2012

2.

Anggota Mitra Bestari JIP PPs UM Malang

2009 – 2014

3.

Anggota Dewan Penyunting Jurnal JPMS

2010 – 2015

4.

Instruktur (Penyosialisasi) Kurikulum 2013 untuk SMP/MTs

2012 – 2013

5.

Anggota Dewan Penyunting Jurnal JPMS

2010 – 2015

6.

Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik UNY

2010 – 2015

7.

Anggota Tim Pengembang Kurikulum UNY

2013 – 2014

8.

Anggota Tim Revitalisasi LPTK-Pengembangan Kurikulum KKNI-SNDikti-SPG, Ditjen Belmawa Kemenristekdikti

2016

9.

Anggota Tim Revitalisasi LPTK-Perangkat Pembelajaran-Bahan Ajar, Pendukung Kurikulum KKNI-SNDikti-SPG, Ditjen Belmawa Kemenristekdikti

2017

10.

Reviewer Jurnal  JPB Universitas Negeri Malang

2016-2017

11.

Reviewer Jurnal Scientiae Educatica

2017-2018

12.

Reviewer Jurnal Didaktika Biologi Universitas Muhammadiyah Palembang

2017-2019

13.

Reviewer Jurnal Bioedukatika

2017-sekarang

14.

Reviewer Jurnal IJI (International Journal of Instruction)

2019

15.

Anggota Tim Revitalisasi LPTK-Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS), Belmawa Kemenristekdikti

2018-2019

16.

Anggota Tim PPG Prajabatan, Ditjen SDIPTEK dan Ditjen Belmawa Kemenristekdikti

2011-2019

17.

Anggota Tim PPG Daljab, Ditjen GTK Kemendikbud dan Ditjen Belmawa Kemenristekdikti

2017-sekarang

 

File Lain-Lain :
Students’ Competence in Cognitive Process and Knowledge in Biology Based on Curriculum Used in Indonesia
Implementation of Technology-based Guided Inquiry to Improve TPACK
Development of Instrument to Assess Cognitive Process and Product in Biology Senior High School
Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah
Biology Teacher’s TPACK Profile in Central Java
The divergent thinking of basic skills of sciences process skills of life aspects on natural sciences
Teaching Performance of High School Biology Teachers in Applying TPACK