Prof. Dr. Tony Wijaya, S.E., M.M.

Status : Tenaga Pendidik

Prof. Dr. Tony Wijaya, S.E., M.M. on Google Scholar

Identitas
NIP : 197907162014041001
NIDN : 0516077902
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Tidakdiisi
Keahlian :
Riwayat Pendidikan :
No Jenjang Gelar Bidang
1 S1 SE Manajemen
2 S2 MM Manajemen (pemasaran)
3 S3 Dr Manajemen (pemasaran)

 


Unit Kerja
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan :
Manajemen
Golongan / Pangkat :
IV/b / Pembina Tingkat I
Jabatan :
Guru Besar
Contact
email : tony@uny.ac.id
Blog : https://orcid.org/0000-0002-9666-9766
Facebook :
Bidang Pendidikan

RIWAYAT MENGAJAR

Tahun

Jenjang

Prodi

Matakuliah

2018/2019 Gasal

S1

Manajemen

Komunikasi Pemasaran

2018/2019 Gasal

S2

Pendidikan Ekonomi

Statistika (A)

2018/2019 Gasal 

D3

Manajemen Pemasaran

Seminar manajemen

2017/2018 Genap

S3

Ilmu Pendidikan

Ekonometrika

2017/2018 Genap

S1

Manajamen

Metodologi Penelitian Pemasaran

2017/2018 Genap

D3

Manajemen pemasaran

Manajemen Pemasaran lanjut (A,B)

2017/2018 Gasal

D3

Manajemen Pemasaran

Metodologi penelitian (A,B)

2017/2018 Gasal

S1

Manajemen

Komunikasi Pemasaran (A)

2017/2018 Gasal

S2

Pendidikan Ekonomi

Statistika (A,B)

2016/2017 Genap

S1

Manajemen

Metodologi Penelitian Pemasaran (A,B)

2016/2017 Genap

D3

Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran Lanjut (A,B)

2016/2017 Genap

S1

Manajemen

Pemasaran Jasa (A,B)

2016/2017 Gasal

S1

Manajemen

Metodologi Riset Pemasaran (A,B)

2016/2017 Gasal

S1

Manajemen

Komunikasi Pemasaran (A)

2016/2017 Gasal

D3

Manajemen pemasaran

Seminar manajemen (A,B)

2015/2016 Genap

S1

Manajemen

Statistika (A,B)

2015/2016 Genap

D3

Manajemen pemasaran

Pemasaran lanjut (A,B)

2015/2016 Gasal

S1

Manajemen

Komunikasi pemasaran (A,B)

2015/2016 Gasal

S1

Manajemen

Metodologi Riset Pemasaran (A,B)

2015/2016 Gasal

S1

Manajemen

Statistik Bisnis (A,B)

2014/2015 Genap

S1

Manajemen

Pemasaran Jasa (A)

2014/2015 Genap

S1

Manajemen

Statistik (A,B)

Pascasarjana/Post graduate (S2-S3): Statistika, Perilaku Konsumen/Consumer behaviour, Manajemen Pemasaran/Marketing Management

Ekonometrika/Quantitative methods

BUKU

No

Judul Buku

Penerbit

Tahun

 Kota

1

Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi Menggunakan AMOS

Graha Ilmu

2020

Yogyakarta-Indonesia

2

Analisis Multivariat Untuk Penelitian Manajemen Ed2

Pohon Cahaya

2019

Yogyakarta-Indonesia

3

Manajemen Kualitas Jasa. Ed2

Indeks

2018

Jakarta-Indonesia

4

Analisis Data Kuantitatif Ed Rev

Pohon Cahaya-IKAPI

2018

Yogyakarta-Indonesia

5

Analisis Data Kuantitatif Ed1

Pohon Cahaya-IKAPI

2017

Yogyakarta-Indonesia

6

Analisis Multivariat untuk Penelitian Manajemen

Pohon Cahaya-IKAPI

2016

Yogyakarta-Indonesia

7

Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis: Teori dan Praktik

Graha Ilmu

2013

Yogyakarta-Indonesia

8

SEM & PLS (Panduan Teknik statistik SEM & PLS)

co Dr. Zainal Mustafa EQ MM

Cahaya Atma

2012

Yogyakarta-Indonesia

9

Cepat Menguasai SPSS 20

Cahaya Atma

2012

Yogyakarta-Indonesia

10

Manajemen Kualitas Jasa

Indeks

2011

Jakarta-Indonesia

11

Cepat Menguasai SPSS 19

Cahaya Atma

2011

Yogyakarta-Indonesia

12

Analisis Multivariat

Penerbit UAJY

2010

Yogyakarta-Indonesia

13

Structural Equation Modelling (SEM) dengan AMOS

Penerbit UAJY

2009

Yogyakarta-Indonesia

14

Analisis Data Penelitian

Penerbit UAJY

2009

Yogyakarta-Indonesia

http://www.indeks-penerbit.com/index.php?route=product/product&product_id=653

File Bidang Pendidikan :
silabus-service-marketing
silabus-pemasaran-lanjut
silabus-marketing-communication
rps-statistik-bisnis-modif1
genap-2014-2015
ganjil-2015-2016
buku-spss20
buku-spss19
buku-sem-pls
buku-multivariat
bhn-stat
bahan-pms-int
bahan-pemasaran-lanjut-d3
bahan-kom-pms
referensi-statistic-cp1
referensikomunikasi-pms-cp1
referensi-pemasaran-jasa-cp1
bahan-pemasaran-jasa
Bidang Penelitian

PENELITIAN

Tahun    

Judul          

Peran    

Sumber dana       

2015

Intensi Berwirausaha Mahasiswa: Perspektif Pengambilan Risiko

Anggota

DIPA UNY

2015

Studi Eksplorasi Profil Usaha Mikro Kecil dan Menengah Klasifikasi Kerajinan di DIY

Anggota

DIPA UNY

PUBLIKASI ILMIAH

Tahun

Judul                                            

Nama Jurnal                                                                                

2021  

Model of the Consumer Switching Behavior Related to Healthy Food Products

Sustainability. 13 (6), ISSN: 2071-1050 (Scopus Q2)

2021

Salesperson ethics behavior as antecedent of Islamic banking customer loyalty. 

Journal of Islamic Marketing.ISSN: 1759-0833  (Scopus Q2)

2021

Meta-Analysis of E-Commerce Adoption Barriers for SMEs

Delhi Business Review, Vol 22 No 1, ISSN 2277-7725 (Index Copernicus)

2020

E-lifestyle confirmatory of Consumer Generation Z

IJACSA, Vol 11 Issue 10. (Scopus Q4)

2019

Country of Origin as Antecedents on Consumer Quality Perceptions and Puchasing Decisions

Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 4 No 2 Desember 2019 (Sinta 3)

2019

The Intention of Adopting Information Technology for SMES in Special Region of Yogyakarta

 Jurnal Dinamika Manajemen, Vol 10 No 2 Desember 2019 (Sinta 2)

2019

Data Survey on The Antecedent of The Entrepreneurial Intention in Indonesia

Data in Brief, Vol 25 (Scopus Q1- Scimago-Link WoS /Web of Science)

2019

The Effect of Smartphone Addiction, Achievement Motivation, and Textbook Reading Inensity on Students Academic Achievement

International Journal of Interactive Mobile Technologies. Vol 13 No 9

(Scopus Q3)

2019

Consumer Value and Lifestyle as A Predictor of Herbal Medicine

Purchase Intention in Surakarta-Indonesia

GJHS, Vol 11 No 4, ISSN
1916-9736 (Scopus Q3-Scimago)

2018

Motivation and Barriers of Organic Agricultural Production System Adoption in Yogyakarta-Indonesia

Delhi Business Review, Vol 19 No 2, ISSN 2277-7725 (Index Copernicus)

2018

Exploration of Motives and Barriers on Indonesian Organic Products Consumption

Global Journal of Health Science, Vol 10 N0 9 2018 ISSN 1916-9736. (Scopus Q3-Scimago)

2018

A Qualitative Study of Indonesian Telecommunication Company Service Representatives Role Conflict

Journal of Business Research-Turk. Vol 10 (2).

2018

Identification and Comparison Study of Marketing Students Ethical Sensitivity

AFEBI Management and Business Review (AMBR) Vol.03 No.01, June 2018.  ISSN: 2548-5318

2017

Organic Knowledge as Antecedent of Purchase Intention on Organic Food

International Journal of Business and Management Science (Scopus Q4)

2017

Eksplorasi Preferensi Konsumen pada Stasiun TVRI

Solusi.Kajian Ekonomi dan Bisnis. Vol 12, No 1 Mei (2017). ISSN  1907-2376 (Print)

2017

An Exploration Study of Values On Eco-Friendly Consumption In Indonesia

International Journal of Humanities and Social Science Studies. (IJHSSS) Vol 4 Issue 2 September. ISSN: 2349-6959 (IndexCopernicus)

2017

Exploring The Problems Faced by Practitioners of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs)

in Yogyakarta

Jurnal Manajemen & Kewirausahaan

Vol 19 No1 (Akreditasi)

2016

Communication Pattern of Indonesian Parents-Children and Its Role in Buying Decision

Global Business & Finance Review Vol 21 Issue 1 ISSN 102-108. www.gbfrjournal.org Elsevier Coverage in the Scopus 2015

2015 

Intensi Berwirausaha Mahasiswa: Perpsektif Pengambilan Risiko

Jurnal Siasat Bisnis Vol 19 No 2 ISSN 0853-7666

 

Reviewer:  

Journal of International Food & Agribusiness Marketing (Scopus)

Journal of Islamic Marketing (Scopus, Emerald)

Contemporer Management Research (Scopus)

 

 

Menulis di Kolom Surat Kabar (Kedaulatan Rakyat, Bernas)

21 Januari 2017. Pangan Organik, Tantangan Kini dan Mendatang. Kedaulatan Rakyat

29 Juni 2018 . Promosi Pariwisata DIY. Kedaulatan Rakyat

Juni 2019. Gastronomi. Kedaulatan Rakyat

16 Mei 2020. Jejak Sang Maestro, KoranBernas.id

 

HKI (2017-2020)

 

 

 

File Bidang Penelitian :
Jurnal Siasat Bisnis.2015. Vol 19 No 2 ISSN 0853-7666
Laporan DIPA UNY-Pusdi
Laporan Penelitian DIPA UNY-Unggulan
Reviewer Int Journal
Economia.Vol 13, No 2 (2017). ISSN 1858-2648 (Print), 2460-1152
International Journal of Business and Management Science, Vol 7 (2). 2017, ISSN 1985-692X
Jurnal Manajemen&Kewirausahaan 19, NO. 1, MARET 2017. ISSN 1411-1438 print / ISSN 2338-8234 online
Solusi.Kajian Ekonomi dan Bisnis. Vol 12, No 1 Mei (2017). ISSN 1907-2376 (Print)
International Journal of Humanities and Social Science Studies. (IJHSSS) Vol 4 Issue 2 September (English). ISSN: 2349-6959
AFEBI Management and Business Review (AMBR) Vol.03 No.01, June 2018. ISSN: 2548-5318
Journal of Business Research-Turk, Vol 10 Issue 2. ISSN: 1309-0712
Global Business Finance Review-2016
Menulis Opini KR Tentang Pangan Organik 2017
Menulis Opini KR Tentang Promosi Pariwisata 2018
Proses Review IJBMS
Turnitin-DBR
Turnitin-GJHS
Turnitin-AFEBI
2019-GJHS Scopus Q3
Review-JMK
2018-GJHS
sertifikat HAKI_EC00202019478
sertifikat HAKI_EC00202019479
sertifikat HAKI_EC00202019480
Mendesain Tata Ruang Hijau
Gaya Pemasaran Afiliasi
Menjual Fanatisme
Antifragile Marketing
Dibalik Popularitas Game Online
Wisata Gastronomi, Potensi Pemasaran wisata
Umbrella Branding
Inbound Marketing
Bidang Pengabdian

PENGABDIAN MASYARAKAT

Tahun

Judul

Peran

Sumber Dana

2018

Pengayaan Manajemen Usaha Bagi  Pengurus Dan Karyawan Koperasi Simpan Pinjam Pangestu Sleman

Ketua

DIPA UNY Fakultas Ekonomi

2017

Pengayaan Matematika dan Terapannya dalam Ilmu Ekonomi bagi Guru-Guru SMA Bidang Ekonomi di  Kulon Progo                                                                                                               

Anggota

DIPA UNY Wates

 

File Bidang Pengabdian :
LAPORAN PPM 2018
RAW Data
Lain-lain

PUBLIKASI MEDIA/KORAN

Tony Wijaya. 2017. Story Marketing. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 3 Maret 2017. 

__________. 2017. Pangan Organik, Tantangan Kini dan Mendatang. Kolom Opini. Kedaulatan Rakyat. Sabtu, 21 Januari 2017. 

__________. 2017. Puas atau Loyal??. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 6 Januari 2017. 

__________. 2016. Konsumen Generasi Z. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 9 Desember 2016. 

__________. 2016. Skeptisme dan Taktik Product Placement. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 28 Oktober 2016. 

__________. 2016. Media Promosi Audiovisual. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 23 September 2016.

__________. 2016. Rokok, Sebuah Wacana Dilematis. Kolom Opini. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 26 Agustus 2016. 

__________. 2016. Dimensi Emosional Merek. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 12 Agustus 2016. 

__________. 2016. DNA Merek. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 24 Juni 2016. 

__________. 2016. Science of Food Product. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 20 Mei 2016. 

__________. 2016. Koneksi Alam Bawah Sadar Konsumen. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 1 April 2016. 

__________. 2016. Seni Perang Sun Tzu: Prinsip Memenangkan Pasar. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 19 Februari 2016. 

__________. 2016. Fim & Mainan: Pasar Kreatif Potensial. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 5 Februari 2016. 

__________. 2015. Strategi CrossSelling. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 4 Desember 2015.

__________. 2015. Behaviorgraphics Prediksi Perilaku Konsumen. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 23 Oktober 2015.

__________. 2015. Motivasi Merek. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 2 Oktober 2015.

__________. 2015. Gen Y, Konsumen Unik. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 28 Agustus 2015.

__________. 2015. Aliansi Merek. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 21 Agustus 2015.

__________. 2015. Return on Quality (ROQ). Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 29 Mei 2015. 

__________. 2015. Film: Komoditi Bernuansa Pemasaran. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 8 Mei 2015.

__________. 2015. Akik, Antara Estetik dan Mitos. Kolom Opini. Kedaulatan Rakyat.Rabu, 11 Maret 2015. 

__________. 2015. Menerapkan Manajemen Jasa. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 27 Februari 2015. 

__________. 2014. Musik dan Pemasaran. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 19 Desember 2014. 

__________. 2014. Customer Profitability Analysis. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 10 Oktober 2014. 

__________. 2014. Metode Kualitatif Proyeksi Bisnis. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 5 September 2014. 

__________. 2014. Warna dalam Pemasaran. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 15 Agustus 2014. 

__________. 2014. Segmen Pasar Anak. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 13 Juni 2014. 

__________. 2014. Neuromarketing. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 16 Mei 2014. 

__________. 2014. Pemasaran Kearifan Lokal. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 17 Januari 2014. 

__________. 2013. Addiction Marketing. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 6 Desember 2013. 

__________. 2013. Kesuksesan Berwirausaha. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 15 November 2013. 

__________. 2013. Orientasi Ramah Lingkungan. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 6 September 2013. 

__________. 2013. Label Produk Pangan. Kolom Strategi Bisnis dan Investasi. Kedaulatan Rakyat. Jumat, 14 Juni 2013.

 

No.

Nama Organisasi

Jabatan

Tahun

1

ISEI-Nasional

Anggota

2012-2016

2.

Centre For Marketing in Emerging Economies

(IIML Noida Campus-Lucknow-Internasional)

 

Anggota

2014-2019

3

 

4

 

Forum Manajemen Indonesia

 

Asosiasi Ilmuwan Manajemen Indonesia

 

Anggota

 

Anggota

 

2015-2019

 

2020

 

PELATIHAN

Tahun

Nama Pelatihan

Lama pelatihan

Penyelenggara

2015

PEKERTI

1 Des 2014-20 Jan 2015

LPPMP UNY

2015

Pembekalan dan Pembinaan Pegawai

3 Nov 2014-29 Maret 2015

LPPMP UNY

2015

PRAJAB

9Juni 2015-10 September 2015

Kemendikbud

Certificate of Completion (Elsevier, Researcher Academy, 2020)

1. How to prepare your manuscript (Elsevier)

2. Structuring your article correctly (Elsevier)

3. How to write an abstract and improve your article (Elsevier)

4. The origins of scientific publishing (Elsevier)

5. How to review a manuscript (Elsevier)

6. Making sense of science stories (Elsevier)

7. Authorship (Elsevier)

8. Content ownership (Elsevier)

 

Pemakalah:

1. Seminar Nasional: Update Ekonomi, Akuntansi, dan Bisnis Indonesia 2011. 28 Juni 2011. Universitas Islam Indonesia.

2. Pelatihan SPSS. 30-31 Mei 2014. STIE IEU.

3. Pelatihan SEM dan AMOS. 10 Oktober 2014. FE UNY

4. Pelatihan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Structural Equation Modelling. 24-25 April 2014. Hotel Gowongan-APC UIN Sunan Kalijaga-Yogyakarta

5. Penanggung Jawab Ruang Seleksi Mandiri (SM) Ujian Tulis 5 Juli 2015. UNY

 

Managing Editorial Psikohumaniora - UIN Walisongo-Semarang (Tahun 2017, Tahun 2018)

http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Psikohumaniora/about/editorialTeam

 

Reviewer Penelitian Nasional (No: 2198-9-QHRM-160907-0419-11-2018). SNI ISO/IEC 17024:2012)

 

 

File Lain-Lain :
amos-feuny
pekerti
prajab
semnas-uii
sm-pr
spss-ieu
workshop-uin
Certificate Reviewer
SK Editor Jurnal UIN 2017
SK Pengelola Jurnal UIN 2018
Raw&output
fmi-card
isei
Sertifikat Inter-Elsevier review manuscript
Karya Terindex Google Scholar
Judul Sitasi
Analisis data penelitian menggunakan SPSS167
Manajemen Kualitas Jasa131
Analisis structural equation modeling menggunakan AMOS94
Manajemen kualitas jasa: Desain servqual, Qfd, dan Kano disertai contoh aplikasi dalam kasus penelitian65
Hubungan adversity intelligence dengan intensi berwirausaha (studi empiris pada siswa SMKN 7 Yogyakarta)64
Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis: Teori dan Praktik57
Cepat menguasai SPSS 20 untuk olah dan Interpretasi Data54
Kajian Model Empiris Perilaku Berwirausaha UKM DIY dan Jawa Tengah43
Cepat Menguasai SPSS 1938
Panduan Teknik Statistik SEM & PLS dengan SPSS Amos28
Analisis Multivariat21
Model of consumer’s buying intention towards organic food: A study among mothers in Indonesian18
Cepat Menguasai SPSS 19 untuk olah & interpretasi15
Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis12
Intentions of Indonesian consumers on buying organic food12
Cepat Menguasai SPSS 2010
Kontribusi Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Perbankan Di Bursa Efek Surabaya10
Analisis Multivariat: Teknik Olah Data untuk Skripsi8
Analisis Multivariat Teknik Olah Data untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi Menggunakan SPSS8
Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen terhadap Keinginan Pembeli6
The testing of entrepreneur intention model of SMK students in special region of Yogyakarta5
Johan.(2005). Pengaruh Computer Anxiety Terhadap Keahlian Penggunaan Komputer5
Purchase intention of counterfeit products: the role of subjective norm4
Pengaruh Kepuasan pada Penanganan Keluhan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Konsumen Natasha Skin Care4
Nilai dan Pengetahuan Sebagai Prediktor Intensi Beli Makanan Organik3
Pengaruh Organizational Citizenship Behaviour Terhadap Kinerja anggota kepolisian3
Step by Step Cepat Menguasai SPSS 19 untuk Olah dan Interpretasi2
Pengaruh Computer Anxiety terhadap Keahlian Dosen dalam Penggunaan Komputer: Perspektif Gender2
Model Empiris Perilaku berwirausaha usaha kecil menengah di DIY dan Jawa Tengah1
Penerapan Kontrol Stok dalam Sistem Informasi Dagang Dengan Metode Perpetual Inventory System0
DETERMINAN GAYA HIDUP SEHAT KONSUMEN ORGANIK0
Determinant Factors of Purchase Intention on Green Product0
ANTESEDEN SENSITIVITAS ETIKA AUDITOR PAJAK0
Analisis Anteseden Intensi Entrepreneurial0
Intensi berwirausaha mahasiswa: Perspektif pengambilan risiko0
Rokok, Sebuah Wacana Dilematis0
Communication Pattern of Indonesian Parents-Children and Its Role in Buying Decision0
Customer Profitability Analysis0
Panduan Teknik Statistik SEM & PLS dengan SPSS AMOS0
ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR TERHADAP KINERJA PERSONIL KEPOLISIAN0
HUBUNGAN ATRIBUT IKLAN BERSAMBUNG PONDS FLAWLESS WHITE DI TELEVISI DENGAN RESPON PEMIRSA0
PURCHASE INTENTION ON ORGANIC FOOD0