No | Kegiatan Pengabdian pada masyarakat | Tahun | Khalayak sasaran/kerjasama | Lama kegiatan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
1 | Pendampingan olimpiade SMA -SMAN 5 Yogyakarta -SMAN 9 Yogyakarta -SMAN 1 Depok -SMAN 8 Yogyakarta -SMA 1 Kalasan -SMAN 11 Yogyakarta -SMAN 1 Magelang | 2005-2007 2006 2006 2007 2007 2008 2010,2011 | Sekolah Sekolah Sekolah Sekolah Sekolah Sekolah Sekolah | 3 jam/minggu 3 jam/minggu 3 jam/minggu 3 jam/minggu 3 jam/minggu 3 jam/minggu 3 jam/minggu |
2 | Pelatihan tenaga/teknisi laboran LPTK | 2005,2006 | LPTK | 1 minggu |
3 | Pelatihan tentang pembiakan dan aplikasi Trichoderma sp sebagai agen pengendali penyakit tanaman vanili di Samigaluh Kulonprogo | 2006 | Petani vanili Samigaluh Kulonprogo | 1 bulan |
4 | Pelatihan Pembuatan Web Sederhana sebagai Upaya Pengembangan Guru IPA SMP Kecamatan Pleret Sewon Kabupaten Bantul | 2008 | Guru IPA SMP Kec. Pleret-Sewon Bantul | 1 bulan |
5 | Pelatihan dan Pendalaman Materi Bioteknologi bagi Guru-guru MA melalui Kegiatan Laboratorium | 2008 | Guru MA Daerah Istimewa Yogyakarta | 1 bulan |
6 | Pelatihan Pembuatan Media Alami Pertumbuhan Mikroorganisme bagi Guru Biologi SMA di Kabupaten Sleman | 2008 | Guru Biologi SMA | 1 bulan |
7 | Penyuluhan dan pembuatan minuman segar tumbuhan berkhasiat obat bagi ibu-ibu PKK Dusun Sorowojan Desa Banguntapan Kab. Bantul | 2008 | PKK Dusun Sorowojan Desa Banguntapan Kab. Bantul | 1 bulan |
8 | Pemanfaatan pengendalian hama tanaman kubis dengan pendekatan penggunaan biopestisida Bacillus thuringiensis yang ramah lingkungan | 2009 | Petani Kubis Dusun Blancir Desa Kopeng Kab. Semarang | 4 bulan |
9 | Pelatihan pembuatan media bioplastik sebagai upaya pengembangan guru IPA SMP Kec. Pleret-Sewon Kab. Bantul | 2010 | Guru IPA SMP Kec. Pleret-Sewon Kab. Bantul | 1 bulan |
10 | Aplikasi metode numerik-fenetik untuk pengayaan materi keanekaragaman hayati di SMA | 2010 | Guru Biologi SMA Daerah Istimewa Yogyakarta | 2 bulan |
11 | Dosen pendamping Lesson Study Kab. Bantul | 2009,2010, 2011 | SMP Kabupaten Bantul | 2 hari per bulan |